+62 821 3194 4966








Bersinergi Menanami Negeri



Ketika kita menyadari kekayaan Indonesia, tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan. Karena sejatinya kekayaan telah tersedia, bergantung kita mau mengambilnya atau enggan meniliknya.


Dukuh Baran, merupakan sebuah dukuh yang terkenal akan tanahnya yang subur. Sayang masih banyak warga yang hidup dalam kondisi pra sejahtera. Padahal masih banyak lahan-lahan yang dibiarkan kosong. Kami, dari Pesantren Manajer Tholabie pun mendapatkan titik temu dalam problem ini.


Bismillah untuk Baran lebih maju. Untuk mensukseskan program ini, terdiri dari rangkaian kegiatan dimulai dari kerja Bhakti Penggalian Lubang Tanam, Pembagian sembako dan Bibit Pepaya Callina ke masyarakat, serta diresmikan nya program melalui Penanaman Massal 10.000 Pepaya Callina oleh Forpimda Malang.


Kerja bakti dilaksanakan dalam rangka menyiapkan konsep EDUWISATA KAMPOENG BUAH BERCAHAYA di Dukuh Baran Kelurahan Buring, maka hari Ahad, 29 Desember telah dilaksanakan kerja bhakti yang terdiri dari berbagai komponen masyarakat, yaitu:


1.  18 anggota Koramil Kedungkandang

2.  1 peleton resimen Armed.1 kostrad dpp Serda Andika

3.  1 peleton Yon Arhanudri 2 kostrad dpp Sertu Bambang

4. Camat Kedungkandang

5. Danramil 0833/ 02 Kedungkandang

6. Lurah dan Babinsa kel.buring

7. Warga dan karang taruna RW 7 Baran

8. Santriwan dan santriwati Tholabie


Kerja bhakti massal dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat ini ditujukan untuk menyiapkan lahan tanam 10.000 bibit pepaya Callina, yang Insya Allah diadakan hari Ahad, 12 Januari 2020 ini.


Suasana bertambah semangat ketika dimulainya kerja bhakti dengan apel pagi, pembagian tugas, penjelasan cara penggalian, dan hal-hal detail dijelaskan dalam apel ini. Meski bernuansa formal, apel pagi cukup membakar semangat kami untuk bekerja bhakti. Terlebih adanya yel-yel dengan satu komando. Bismillah mari menggali untuk menyadari besarnya potensi negeri tercinta ini.


Baru kemarin, kegiatan kerja bhakti penggalian lubang tanam kami adakan untuk persiapan tanam massal 10.000 pepaya Callina. Hari ini, Senin 30 Desember 2019, Pesantren Manajer Tholabie bekerjasama dengan YBM PLN mengadakan soft launching Penanaman pepaya Callina secara simbolik serta pembagian sembako bagi para warga dhuafa RW 07,


Di penghujung tahun ini kami tak lagi melamun

Karena sudah banyak tugas yang harus dikerjakan demi Indonesia lebih kuat


GM PLN Jawa Timur Bapak Bob Saril menyatakan siap mendukung terealisasi nya program pemberdayaan masyarakat dengan bingkai Eduwisata Kampoeng Buah Bercahaya ini, dan memberikan tips-tips yang membantu tim pelaksana dalam menjalankan proses pendampingan. Terlebih dengan adanya dukungan yang diberikan oleh Bapak Eriyan Saputra sebagai manajer up3 PLN Malang bahwa program ini akan banyak disinergikan dengan pihak-pihak yang mendukung.


Di akhir kegiatan, kami tutup dengan penanaman simbolik oleh GM PLN Jawa Timur, GM PLN Malang, dan juga Danramil di salah satu rumah warga yang kondisi rumahnya masih menjadi satu dengan kandang kambing. Semoga bibit-bibit pepaya ini menjadi investasi yang memudahkan perkonomian beliau.


Suasana bertambah meriah ketika melihat kebahagiaan warga menerima sembako dan barang bekas bermanfaat (BBM) berupa baju layak pakai yang telah disiapkan khusus bagi mereka.


Semakin semangat dan yakin,

Bismillahi tawakalna 'alallah

Begitulah keyakinan kami, ketika Allah kirimkan pihak-pihak yang membantu untuk terealisasinya program ini. Ketika para pejabat setempat telah menyatakan pula kesiapannya. Sehingga pada hari Ahad, 12 Januari 2020 kemarin, Jajaran Forpimda Kota Malang yaitu Bapak walikota Malang, Danrem 083/ Bhaladika Jaya, Dandim 0833/ Kota Malang, serta kepala dinas-dinas Kota Malang berkunjung ke Pesantren Manajer Tholabie sebagai inisiator program Eduwisata Kampoeng Buah Bercahaya di dukuh Baran, Buring. Tidak hanya itu program ini didukung pula oleh PLN dan Universitas Brawijaya yang siap memberikan pendampingan khususnya di bidang usaha dan pertanian.


Kehadiran beliau turut pula menyemarakkan gerakan menanam massal 10.000 Pepaya Callina di dukuh Baran, Buring. Insya Allah delapan bulan lagi, bibit-bibit pepaya ini telah berbuah. Kami tunggu kunjungan Bapak Ibu di Eduwisata Kampoeng Buah Bercahaya...


Hadza min Fadzli Robbii...

Ahad pagi membersamai Gus Sutiaji Walikota Malang, Gus Zain Danrem 083, Kepala Dinas Pariwisata Malang, Kepala Dinas LH, Kepala Dinas Kominfo dan CSR PLN Jatim Menikmati Keindahan Kota Malang di Pesantren Manajer sebelum pelaksanaan Gerakan Menanam Massal 10.000 Pepaya dalam rangka Membangun Komunal Branding "Eduwisata Kampoeng Buah Bercahaya" di dukuh Baran, Buring menuju Malang menjadi MAKOBU [ Malang Kota Buah ].

Semoga ini adalah bagian mensyukuri nikmat Allah Ta'ala, Negeri yang Subur.

Aamiin ya Robb...


Yang terakhir, Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga lubang-tanam maupun bibit yang kini telah tertanam menjadi amal jariyah atas tenaga dan materi yang telah dikeluarkan demi suksesnya Eduwisata Kampoeng Buah Bercahaya.


Bergabung bersama kami


#MenanamiIndonesia, #mensyukurinegeri

#sedekahsekali

#buahnyaberkalikali